Rabu, 25 Januari 2012

Yang ada di benak gue sebagai pengguna angkot

Taukan banyak banget kejahatan seksual diangkot yang menjadikan 'perempuan' sebagai korban? Apalagi ada beberapa diantara korban tersebut yang statusnya adalah seorang mahasiswi! GUE sebagai PENGGUNA ANGKOT kesana-kemari dan juga MAHASISWI diem-diem ketar-ketir gak karuan..

Saat ini yang ada dibenak gue ada 3 pilihan:
a. Gue teteup 'merakyat' dengan angkot. Dengan bermodal doa, waspada tingkat max, dan sepertinya kudu mempersiapkan senjata dan juga mencari teman pulang yang rumahnya sekitaran Depok juga mestinya yaaah.
b. Gue beralih ke motor! It's mean gue HARUS BISA MENGENDARAI MOTOR dan gak cuma bisa sekedar naik motor doang dong eheheh..Tapi gue terlalu berani,saking beraninya *alibi mode:ON!* gak mau buat mencoba untuk belajar mengendarai motor. Gue bingung. Mana lagi banyak kasus. Dan semoga aja ntar pas motornya udah ada, ada keberanian dari gue gitu ehehe.
c. Kalo nanti sampe motornya udah ada dan gue teteup gak berani, gue punya pilihan mentok berupa mau gak mau gue kudu punya pacar!! Yaa begitulah kalo emang mentoknya kudu bawa motor dan gue ga bisa dan bahkan ga berani, yah pilihan terakhir inilah yang harus diterima..Gue KUDU NYARI DAN PUNYA pacar yang siap sedia antar-jemput sampe depan rumah!! Semoga.. Amiien.

Yaaah,begitulah pemirsa bloggers sekalian yang ada dibenak saya saat ini tentang maraknya kasus angkot tersebut.... Semoga diantara ketiga pilihan itu semuanya kewujud ehehe.. Amien.

Sekian. Salam manis dari orang manis yang nulis tulisan ini..

Kamis, 05 Januari 2012

Tugas Softskill (Ekonomi Koperasi): Mau dibawa kemana usaha kita?

Berdasarkan usaha yang saya pilih untuk berwirausaha adalah toko sembako kecil-kecilan di postingan sebelumnya , maka saya memilih untuk mengembangkan toko ini sebagai retail atau bahkan sejenis minimarket waralaba meski akan membutuhkan biaya banyak.

Usaha ini akan diusahakan untuk menjadi lebih berkembang dulu sebelum nantinya akan menjadi sebuah toko retail atau bahkan minimarket waralaba yang lebih lengkap.

Pengertian Retail adalah penjualan dari sejumlah kecil komoditas kepada konsumen.
Retail berasal dari bahasa Perancis yaitu "Retailer" yang berarti "Memotong menjadi kecil kecil" (Risch, 1991 ).

Sedangkan menurut Gilbert (2003) Retail adalah Semua usaha bisnis yang secara langsung mengarahkan kemampuan pemasarannya untuk memuaskan konsumen akhir berdasarkan organisasi penjualan barang dan jasa sebagai inti dari distribusi

Dalam kamus Bahasa Inggris - Indonesia, Retail bisa juga di artikan sebagai "Eceran"
Pengertian Retailing adalah semua aktivitas yang mengikut sertakan pemasaran barang dan jasa secara langsung kepada pelanggan

Pengertian Retailer adalah semua organisasi bisnis yang memperoleh lebuh dari setengah hasil penjualannya dari retailing ( lucas, bush dan Gresham, 1994)

Klasifikasi Retail
Menurut Pintel dan Diamond (1971), Retail dapat di klasifikasikan dalam banyak cara, sebagai contoh Retail dapat di kelompokkan sesuai dengan aktivitas penjualan barang berdasarkan sbb :

- Retail Kecil

Bisnis Retail kecil di gambarkan sebagai retailer yang berpenghasilan di bawah $500 pertahun. Pemilik retail pada umumnya bertanggung jawab penuh terhadap seluruh penjualan dan manajemen.

Biasanya kebanyakan pemilik toko pada bisnis retail kecil ini dimiliki oleh secara individu (Individual Proprietorship)

- Retail Besar

Pada saat ini industri Retail di kuasai oleh organisasi besar, organisasi tersebut meliputi :
Departemen Store - Chain organization (organisasi berantai), Supermarket, Catalog Store, Warehouse, Outlet dan Online Store (Toko Online )

Departemen Store merupakan salah satu dari retailer besar dimana menawarkan berbagai macam jenis produk / barang, tingkat harga dan kenyamanan dalam berbelanja.

*seperti dikutip dari http://ilmuretail.com/index2.php



Dari penjelasan diatas, maka yang tepat untuk dipilih mengembangkan usaha toko sembako kecil saya adalah retail kecil. Dengan usaha yang semakin berkembang, yang dipastikan juga pendapatan yang semakin bertambah, maka pilihan untuk menjadikan toko saya sebagai sebuah retail kecil adalah pas. Dengan penentuan lokasi strategis misalnya diruko pinggir jalan, serta pegawai dari kalangan orang terdekat, diharapkan dapat menjadikannya berhasil sebagai sumber pendapatan utama saya.
Dari sebuah toko sembako kecil-kecilan di rumah sendiri, kemudian mengembangkannya menjadi sebuah retail kecil yang terletak di ruko di pinggir jalan yang strategis yang banyak dilalui orang. Itulah gambaran bisnis saya. Semoga berhasil.

Rabu, 04 Januari 2012

Tugas Softskill (Ekonomi Koperasi): Melihat&Menghadapi Lingkungan Bisnis

Sebagai kelanjutan dari postingan ini , maka saya akan mengusahakan untuk berwirausaha warung sembako yang beroperasi disekitar lingkungan komplek perumnas dengan kebanyakan masyarakat sudah berumah-tangga.

Dengan melihat lingkungan sekitar, tentunya akan banyak pesaing-pesaing dari lingkungan terdekat. Apalagi dengan usaha warung/toko kecil-kecilan dengan modal yang tidak seberapa yang intinya hampir bisa dijalankan oleh banyak orang.

Dengan kondisi seperti ini, maka kita harus pintar memutar otak kita dalam menghadapi persaingan secara terbuka dan sehat tentunya. Kita harus menyiasati bagaimana agar usaha kita bisa tetap bertahan dan bahkan berkembang ditengah banyaknya usaha serupa yang semakin menjamur. Untuk itu, usaha toko bahan-bahan pokok ini haruslah dibuat 'beda' dengan usaha serupa.

Saya memilih untuk misalnya memberikan semacam promo. Misal, apabila membeli beras sekarung 1 kg, maka akan mendapatkan 2 bungkus mie instan. Diharapkan dengan promo ini, akan membuat usaha kita tetap 'hidup' ditengah persaingan maraknya usaha sejenis. Tentunya juga dengan memperhatikan kondisi dari pemasukkan dan pengeluaran usaha kita. Jangan sampai, dengan promo yang diharapkan dapat menguntungkan usaha kita tersebut malah balik menjadi sebuah bumerang yang bisa menghancurkan usaha kita kapan saja.

Persaingan itu memang penting, bahkan persaingan bisnis sekalipun. Karena dengan persaingan ini, kita akan dibuat atau dipaksa untuk memutar otak agar lebih kreatif lagi dalam berbisnis, agar usaha kita bisa bertahan dan kelak akan semakin maju dan berkembang tentunya. Semoga berhasil.