Rabu, 06 Oktober 2010

Kebudayaan: Indonesia yang Identik dengan Batik


Setelah sebelumnya sempat heboh dengan klaim Malaysia atas batik dan beberapa kebudayaan Indonesia lainnya, akhirnya kita sebagai bangsa Indonesia bisa berlega hati karena badan PBB yang membawahi masalah kebudayaan yaitu UNESCO telah menetapkan dan mematenkan Batik sebagai Indonesian Cultural Heritage atau Warisan Budaya Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2009 lalu. Sehingga setiap tanggal 2 Oktober ini diperingati sebaga Hari batik.
            Batik pada dasarnya kebudayaan Indonesia yang telah dikenal sejak ratusan tahun lalu yang berkembang di daerah Jawa. Batik merupakan mahakarya dari para pengrajin batik (yang bisa dibilang seniman Indonesia!). Bagaimana tidak, kegiatan mem-batik diperlukan kesabaran dan keuletan yang luar biasa. Sebuah kain batik bisa memakan waktu berhari-hari sebelum menjadi kain batik yang indah dan bernilai seni tinggi. Dimulai dari melukis batik menggunakan canting dan malam, kemudian proses pewarnaan, dan selanjutnya dijemur hingga menjadi sebuah kain batik.
            Di Indonesia, kota-kota yang ‘terkenal’ dengan batiknya diantaranya kota Jogjakarta, Solo dan Pekalongan. Disana banyak pengrajin batik yang membuat bermacam-macam jenis batik seperti batik tulis, batik cap/cetak dan sebagainya. Batik juga mempunyai berbagai macam corak diantaranya corak “Mega Mendung”.
            Batik aslinya dikenal berasal dari Jawa, tapi didunia Internasional batik adalah salah satu identitas bangsa Indonesia. Sampai adanya klaim dari Malaysia hingga ditetapkannya batik sebagai Warisan Budaya Indonesia, baikpun kian mendunia. Banyak tokoh-tokoh baik di Indonesia sendiri maupun di luar negeri dengan bangga menggunakan batik diberbagai acara. Salah satunya Presiden Soeharto yang memperkenalkan batik untuk pertama kalinya ke dunia pada saat menghadiri Konferensi PBB.
            Saat ini setiap hari Jum’at setiap minggunya, kantor-kantor pemerintahan maupun swasta mewajibkan karyawannya menggunakan batik untuk ‘seragam’ mereka. Dengan demikian Indonesia pun semakin identik dengan batik.


Materi Referensi : Wikipedia bahasa Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar