Kamis, 19 Mei 2011

A little bit about Penyiar Radio

Penyiar adalah ujung tombak sebuah radio. Penyiar (announcer) adalah seseorang yang mengatur dan menjadikan sebuah program di radio menjadi seru, penuh warna, dan tidak membosankan, karena radio merupakan alat komunikasi yang hanya menampilkan suara saja tanpa gambar. Jadi dapat dipastikan penyiar adalah 'nyawa' dari sebuah program diradio. Bisa dibayangkan bila sebuah radio memiliki program namun tanpa ada penyiar didalamnya? Akan sangat hambar, bagai sayur tanpa garam. Karena seperti dikatakan sebelumnya radio dengan penyiar didalamnya bak nyawa dalam tubuh manusia.



Penyiar sejatinya merupakan keseruan tersendiri dari sebuah siaran radio. Oleh karenanya berikut ada beberapa perilaku yang diharapkan dari seorang penyiar yang baik:
1. Penyiar adalah seorang sales person
Penyiar harus mampu mengemas 'barang dagangannya' dengan baik sehingga pendengar (listener) berminat untuk mendengarkannya.
2. Penyiar adalah sahabat pendengarnya
Penyiar harus membuat pendengarnya merasa comfort, benar-benar menjadi seorang sahabat. Sebab mereka akan mudah mengganti frekuensi radionya apabila mereka tidak comfort.
3. Penyiar harus punya "air personality"
Penyiar adalah sumber kepercayaan dan sumber informasi bagi pendengarnya. Makanya penyiar harus punya kepribadian yang jujur, hangat dan punya pengetahuan yang luas. Untuk membuat berwawasan luas salah satu caranya adalah dengan membuat script.
4. Pendengar adalah orang kedua tunggal
Karena sifat radio person to person media, maka seorang penyiar harus menyapa dan memperlakukan pendengarnya sebagai pribadi. Oleh sebab itu, sapaan ke pendengar adalah kamu, anda.
5. Mempergunakan bahasa percakapan, bicara dengan singkat, padat dan jelas.
6. Kedekatan dengan pendengarnya
Karena sebagai sahabat, sebagai penyiar harus mampu berbicara dengan bahasa yang sama dengan pendengarnya, dan seorang penyiar harus tahu apa yang sedang populer di kalangan pendengarnya.
7. Kemampuan bekerjasama
Kemampuan bekerjasama diperlukan bagi seorang penyiar. Karena kerja di radio adalah kerja tim.
8. Memiliki rasa seni dan selera musik yang baik
Penyiar adalah profesi yang memerlukan "skill" dan "art". Selera musik menjadi penting apalagi untuk radio yang memilih bermain di format musik.

Secara garis besar, pengetahuan atau keterampilan yang harus dipunyai oleh penyiar adalah:
a. Pembuatan skrip (teks)
b. Announcing skill
c. Musical touch
d. Operating skill


*sumber MUSTANG ACADEMY 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar