Senin, 18 April 2011

DPR OHH DPR

Taukan kalau DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) ingin buat gedung baru? Wah, tau juga ngga kalau dananya mencapai Rp 1,16 Triliun ?!?!

Dengan berbagai fasilitas didalamnya, gedung baru DPR tersebut banyak menimbulkan kritik dimana-mana. DPR dikatakan banyak maunya, hanya ingin berbagai fasilitas mewah tanpa memikirkan kinerjanya masing-masing yang bisa dikatakan masih jauh dari baik. Banyak rakyat yang mengingikan DPR seharusnya membenahi dulu kinerja masing-masing sebelum membenahi gedung.

Sekedar informasi, gedung baru DPR itu tergolong mewah dengan berbagai fasilitas layaknya hotel bintang lima. Ada tempat spa, kolam renang, tempat fitness, toko minimarket, tukang pijit dan lain sebagainya. Menurut mereka fasilitas tersebut semata-mata juga untuk penunjang kinerja DPR. Gedung baru itu bertinggi 36 lantai dan luas mencapai 157.000 meter persegi rencananya tetap akan mulai dikerjakan pada Oktober 2011 ini walaupun banyak kritik sana-sini. Rancangan gedung baru berbentuk U terbalik tersebut dikatakan mirip dengan sebuah gedung Parlemen di Chile.


Gambar atas adalah rancangan gedung baru DPR dan yang bawah adalah gedung Parlemen di Chile

Dengan dana mencapai Rp 1,16 triliun ada banyak hal lain yang bisa dilakukan ketimbang untuk membangun sebuah gedung. Diantaranya:
* Rp 1,16 Triliun = 11600 rumah @ Rp 100 juta
* Rp 1,16 Triliun = 23000 ruang kelas @ Rp 50 juta
Bandingkan dengan Rp1,16 Triliun = sebuah gedung DPR!! Ada baiknya memikirkan hal lain (karena masih banyak masalah di Indonesia) dibandingkan fokus untuk membuat sebuah gedung yang bahkan ironisnya banyak diluar sana sekolah-sekolah yang memiliki ruang kelas yang rusak, bocor, fasilitas kurang atau bahkan pelosok-pelosok yang daerahnya belum terjamah listrik sehingga mereka menjadi kurang informasi.. Semoga masih dipikirkan untuk hal-hal ini..

(sumber perhitungan Metro TV)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar