Sabtu, 30 April 2011

Mamalia yang Tidak Dapat Melompat

Di dunia binatang, banyak yang bisa melompat. Mulai dari serangga terkecil sampai binatang menyusui yang tubuhnya sangat besar. Puma atau harimau gunung dapat melompat sampai sejauh 6 meter dari tempatnya berdiri! Ini rekor terjauh bagi binatang mamalia.

Jika Anda mengukur jarak lompatan berdasarkan kelipatan panjang tubuh maka pemenangnya adalah lalat. Lalat dapat melompat sejauh 220 kali dari panjang tubuhnya! Sebagai perbandingan, rekor terjauh lompatan manusia diciptakan pelompat jauh asal AS, Mike Powell, yaitu 8,95 meter pada tahun 1991. Namun, lompatan ini tidak sampai 5 kali panjang tubuh Powell.

Kalaulah manusia tidak terlalu trengginas dalam melompat –lompatan tertinggi para pemain profesional bola basket hanya 28 inci- ternyata ada sosok mamalia yang sama sekali tidak dapat melompat yaitu gajah!

Gajah tidak dapat melompat karena struktur tulang di kakinya. Baik telapak kaki maupun pergelangannya tidak memiliki kelenturan seperti yang dimiliki mamalia lainnya yang bisa melompat. Gajah harus menempatkan minimal satu kaki ditanah. Itu sebabnya, gerakan mereka terlihat lucu ketika berjalan.

"Struktur Tulang Gajah"


Paus pun dapat melompat, tetapi lompatannya disebut “breaching” yaitu melompat keluar dari air dan sedikit berguling ke satu sisi tubuhnya. Adapun paus pembunuh dan lumba-lumba dapat mengangkat keluar seluruh tubuhnya dari air.

"Breaching Paus"







Source: Harian Kompas Minggu 24-04-2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar