Sabtu, 10 November 2012

BISNIS MAHASISWA MASA KINI

Sekarang ini, banyak dijumpai mahasiswa yang juga sekaligus sudah memiliki pekerjaan. Baik itu sebagai freelance, maupun wirausaha alias memiliki bisnis sendiri. Banyak mahasiswa yang kreatif membaca peluang bisnis dikampusnya. Tidak perlu modal yang terbilang mencapai jutaan rupiah, mahasiswa sudah bisa memiliki usaha kecil-kecilan sendiri.

Dikampus saya, banyak mahasiswa dengan kegiatan bisnisnya masing-masing. Ada yang menjual aksesoris, jilbab, perlengkapan kuliah seperti binder, usaha fotokopi, jualan jersey sepakbola, dan sebagainya sesuai dengan kemampuan dan passion masing-masing.

Untuk modal, mereka bisa dapatkan dari menabung, atau ada juga yang bisnis bersama-sama dengan kelompok masing-masing. Kasus bisnis bersama ini, terbilang ada untung dan ruginya. Untungnya masalah modal dan keuntungan bisa dibagi merata. Sedangkan ruginya, apabila ada tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab secara tiba-tiba datang bisa saja merusak bisnis ini. Untuk itu diharapkan, bisnis bersama ini dijalankan bersama dengan orang-orang terdekat dan sudah terpercaya saja. Seperti misalnya bersama sahabat karib, saudara ataupun pacar.

Mahasiswa yang sudah memiliki pendapatan sendiri tentunya memiliki kepercayaan dan kebanggaan tersendiri dari mahasiswa-mahasiswi lainnya. Karena mereka bisa menggunakan uang hasil keringat sendiri untuk hal-hal yang bermanfaat dan bahkan juga untuk keperluan perkuliahan.

Jadi dengan melihat ulasan diatas, tidak jarang kita melihat mahasiswa yang berbisnis kecil-kecilan dengan sendirinya akan menghasilkan sesuatu yang akan menjadi pengalamannya dikemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar