Minggu, 11 November 2012

KONSUMEN YANG KONSUMTIF

Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Jika tujuan pembelian produk tersebut untuk dijual kembali, maka dia disebut pengecer atau distributor.

Lalu, apakah konsumen konsumtif itu? Konsumen konsumtif sangat mudah ditemui dewasa ini. Banyak faktor-faktor yang mendukung, seperti zaman yang semakin berkembang dengan teknologi mutakhirnya. Banyak orang menjadi konsumtif karena teknologi. Misalnya kita menjadi sangat konsumtif terhadap gadget-gadget keluaran terbaru yang seperti tidak pernah ada habisnya. Atau kita menjadi sangat konsumtif karena jaman sekarang banyak muncul online shop, yang hanya dengan mengandalkan internet dan tanpa keluar rumah, kita bisa dengan mudah mendapat barang yang diinginkan.

Dengan melihat fakta diatas, mudah saja jika kita menemukan banyak orang menjadi konsumtif seiring dengan berjalannya waktu. Penggunaan kartu kredit atau ATM pun juga menjadikan seseorang menjadi konsumen yang konsumtif. Bagi saya, perilaku konsumen yang konsumtif saat ini, lebih kepada menguntungkan produsennya. Misalnya, saya sebagai pemilik sebuah usaha, tentu akan sangat bersyukur dengan adanya fenomena perilaku konsumtif seperti ini. Dengan menuruti perjalanan pasar, mudah saja menarik para konsumen yang konsumtif tersebut.

Konsumen yang konsumtif semakin menjamur. Banyak produsen berterima kasih atas fenomena ini. Mal-mal yang dipadati oleh banyak pengunjung, semakin pintar membaca peluang pasar. Mendekati akhir tahun, mereka menyelenggarakan program wajib akhir tahun yaitu Year End Sale dimana mereka memotong harga alias diskon gila-gilaan. Meskipun, saya pernah mendapat penjelasan bahwasanya, sebelumnya mereka telah menaikkan harga barang-barang tersebut sebelum memotongnya gila-gilaan. Jadi, untuk kita yang sudah mengetahui hal ini, tidak terlalu antusias. Namun, saya pribadi sebagai seorang perempuan yang dikenal sebagai makhluk 'shoppaholic' tetap saja tidak mau melewatkan kesempatan baik ini :)
Intinya adalah, perilaku konsumen konsumtif akan selalu ada. Ada hal baik dan buruknya dari setiap fenomena. Menjadi konsumtif tentu tidak salah selama tidak ada pihak yang dirugikan. Hanya jangan terlalu lupa diri, karena masih banyak pihak yang membutuhkan dan juga roda kehidupan akan terus berputar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar